Mawlid Al Nabi (Maulid nabi Muhammad SAW)


Engkau adalah pelita hidup, engkau membawa kebenaran, membimbing kami menuju jalan yang lurus, dan karenamu kami beriman kepada Allah SWT. Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam atau Hijriyah.
Menurut sejarahnya, Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: “Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal.” Bulan Rabi’ul Awal biasanya disebut dengan bulan Maulid. Seiring perkembangannya Maulidur Rasul dirayakan oleh negara-negara berpenduduk Islam, seperti Malaysia, Brunei darussalam, Indonesia, India, Afrika, Arab dan beberapa negara di dunia bahkan mereka memiliki tradisi unik dalam menyambut Maulid bahkan diantaranya saling mengucapkan selamat merayakan
. “Engkau adalah pelita hidup, engkau membawa kebenaran, membimbing kami menuju jalan yang lurus, dan karenamu kami beriman kepada Allah SWT. Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H.”